Berkenalan Dengan Ajax

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi Semua. Untuk mengubah kebiasaan menjadi lebih baik maka mulai sekarang saya mencoba untuk menulis artikel hehehe, itu sedikit curhatan dari saya. nah ini adalah artikel pertama saya, artikel ini akan membahas tentang “Berkenalan Dengan Ajax”. 

Apa Itu Ajax ?
AJAX memiliki kepanjangan Asynchronous Javascript And XML merupakan suatu teknik baru dalam dunia web. Sejak telah dikembangkan sekitar 2-3 tahun yang lalu, AJAX mulai dilirik oleh para web desainer dan web programmer. Dengan adanya AJAX, akses data ke server yang dikirim melalui client via web dapat lebih cepat daripada mekanisme biasa. Hal ini dikarenakan AJAX tidak perlu melakukan proses loading page (refresh page) atau pindah ke page yang lain.

AJAX dapat diintegrasikan dengan server side programming seperti PHP, ASP, JSP dll.
Perhatikan mekanisme proses AJAX menggunakan PHP berikut ini

ajax

Pada mekanisme di atas, proses berawal dari web client. Web client merequest sebuah halaman PHP ke server melalui Javascript. Selanjutnya server akan merespon dan menjalankan script PHP. Script PHP akan menghasilkan respon dalam bentuk XML dan data XML tersebut akan dikirim kembali ke web client untuk diolah oleh Javascript. Hasil olahan javascript tersebut akhirnya akan ditampilkan di web client sebagai output tanpa harus merefresh halaman web.

Semoga sedikit penjelasan diatas dapat bermanfaat 🙂

Selama Raga dan Roh masih bersatu maka lakukanlah hal-hal yang terbaik, terbaik untuk diri sendiri, terbaik untuk keluarga, terbaik untuk NKRI.

Author : #KD605
Referensi : Ajax